5 Fakta Menarik di Balik Kepindahan Donny van de Beek ke Manchester United

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 03 September 2020
5 Fakta Menarik di Balik Kepindahan Donny van de Beek ke Manchester United
Donny van de Beek (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United akhirnya meresmikan kedatangan Donny van de Beek. Pemain berusia 23 tahun itu merupakan rekrutan pertama Setan Merah pada bursa transfer musim panas ini.

Manchester United kabarnya harus mengeluarkan uang sebesar 40 juta poundsterling untuk mendapatkan Van de Beek. Ia diboyong dari raksasa Belanda, Ajax Amsterdam.

Van de Beek merupakan salah satu gelandang muda paling berbakat di Eropa saat ini. Ia juga andalan Ajax yang berhasil menembus semifinal Liga Champions 2018-2019.

Baca Juga:

Manchester United Konfirmasi Keberhasilan Amankan Servis Donny van De Beek

Satu Syarat Manchester United Mundur dari Perburuan Jadon Sancho

Demi Gabung AC Milan, Sandro Tonali Tolak Manchester United

Keberhasilan Ajax itu cukup fenomenal karena dalam perjalanannya sempat menyingkirkan Juventus dan Real Madrid. Tak heran jika di akhir musim para bintangnya laku keras diburu klub besar.

Di saat rekan seangkatannya seperti Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt dipinang klub besar, Van de Beek masih bertahan di Ajax. Perannya kian sentral untuk Ajax sepanjang musim lalu.

Van de Beek menjadi salah satu pemain tak tergantikan di lini tengah Ajax. Ia total tampil sebanyak 37 kali di semua kompetisi dengan torehan 10 gol dan 11 assist.

Hengkangnya Van de Beek ke Manchester United bisa dibilang cukup mengejutkan. Sebelumnya raksasa Inggris itu disebut masih fokus mengejar Jadon Sancho.

Sejumlah fakta menarik pun turut mewarnai kepindahan Van de Beek ke Old Trafford. Berikut ini lima di antaranya:


1. Manchester United dapat harga diskon

Manchester United disebut harus mengeluarkan uang sebesar 40 juta poundsterling untuk menebus Van de Beek dari Ajax. Namun kabarnya nilai tersebut lebih murah dari harga sang pemain.

Menurut pakar transfer Premier League, Kaveh Solhekol, harga Van de Beek normalnya bisa menembus angka 80 juta poundsterling. Itu artinya mereka mendapat diskon hingga 50 persen.

Pandemi virus corona disebut menjadi alasan utama turunnya harga Van de Beek. Ajax sebagai klub pemilik tak yakin ada klub yang mampu menebus harga awal salah satu pemain andalannya tersebut.

Sebagai gambaran, musim lalu Ajax menjual Frenkie Jong dan Matthijs de Ligt dengan harga sekitar 75 juta euro belum termasuk bonus. Jadi harusnya nilai Van de Beek tak jauh berbeda dari keduanya.


2. Diganjar kontrak lima tahun

Manchester United nampak sangat percaya dengan kemampuan Donny van de Beek. Raksasa Inggris itu langsung memberikan kontrak berdurasi lima tahun untuk sang pemain.

Hal ini menunjukkan bahwa Van de Beek disiapkan untuk menjadi andalan lini tengah Manchester United dalam jangka waktu yang lama. Apalagi dirinya bisa mengisi berbagai posisi di lini tengah.


3. Pilih nomor punggung 34 dengan alasan tak biasa

Van de Beek telah memilih mengenakan jersey bernomor punggung 34 pada musim perdananya membela Manchester United. Sebuah nomor yang jarang digunakan oleh gelandang.

Namun Van de Beek punya alasan khusus di balik pemilihan nomor tersebut. Ia ingin memberikan penghormatan khusus kepada mantan rekan setim sekaligus sahabatnya di Ajax, Abdelhak Nouri.

Nouri merupakan pemain muda Ajax seangkatan Van de Beek yang harus pensiun dini dari dunia sepak bola. Ia mengalami kerusakan otak akibat serangan jantung saat melakoni sebuah laga pramusim pada Juli 2017.

Pada musim tersebut, Nouri memang memilih menggunakan jersey bernomor punggung 34. Tujuannya, ia bertekad mempersembahkan gelar Eredivisie ke-34 untuk Ajax.


4. Meminta saran kepada Edwin van der Sar

Sebelum menerima pinangan Manchester United, Donny van de Beek ternyata sempat meminta saran kepada Edwin van der Sar yang kini menjabat sebagai CEO Ajax.

Seperti diketahui, Van der Sar pernah menjadi andalan Manchester United. Tentu ia sangat paham dengan kondisi klub tersebut.

“Saya berbicara banyak dengan Edwin dan dia menceritakan sejarah klub ini serta banyak hal lainnya. Ia mengatakan betapa besarnya klub ini dan pengalaman-pengalaman hebatnya dahulu,” kata Van de Beek.


5. Nyaris pindah ke Real Madrid

Sebelum pindah ke Manchester United, Van de Beek ternyata nyaris dimiliki Real Madrid. Kesepakatan terkait transfer itu bahkan sudah terjadi pada Maret silam.

Namun pandemi virus corona membuyarkan kepindahan Van de Beek ke Madrid. Los Blancos tak punya cukup dana untuk menebus harga yang sudah disepakati.

Kepindahan van de Beek ke Madrid pun batal dengan sendirinya. Ia juga sempat diburu oleh klub besar lain seperti Barcelona, Juvantus, hingga Arsenal.

Manchester United Donny van de Beek Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan