5 Fakta Menarik dari Albert Sambi Lokonga, 'Vieira Baru' Arsenal

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 20 Juli 2021
5 Fakta Menarik dari Albert Sambi Lokonga, 'Vieira Baru' Arsenal
Albert Sambi Lokonga (twitter)

BolaSkor.com - Albert Sambi Lokonga resmi menjadi pemain kedua yang direkrut Arsenal jelang musim 2021-22. The Gunners dilaporkan harus mengeluarkan 15 juta poundsterling plus tambahan kepada Anderlecht untuk menggaet pemain berusia 21 tahun itu.

Kedatangan Lokonga tak lepas dari kebutuhan manajer Arsenal Mikel Arteta untuk memperkuat lini tengah. Hal ini mengingat Arsenal sudah tak lagi memiliki Dani Ceballos dan Martin Odegaard yang kembali ke Real Madrid. Plus, ada kemungkinan The Gunners juga akan kehilangan Granit Xhaka.

Baca Juga:

Demi Gabung PSG, Sergio Ramos Tolak Tawaran Menggiurkan Arsenal

Arsenal Amankan Servis Nuno Tavares, Bek Kiri Pesaing Kieran Tierney

Arsenal di Bursa Transfer: Jual Pemain Dulu, Baru Beli yang Baru

Lokonga melakukan debut bersama tim senior Anderlecht pada November 2017. Jebolan akademi klub tersebut membuat mulai menemukan tempat pada musim 2019-20 ketika dia mencatat 26 penampilan di semua kompetisi.

Musim lalu, Lokonga menjadi pemain reguler di bawah asuhan Vincent Kompany. Dia mencatat 37 penampilan di semua kompetisi, dengan menyumbang tiga gol dan tiga assist.

"Albert adalah pemain yang sangat cerdas. Dia telah menunjukkan kedewasaan luar biasa dalam perkembangannya," kata Arteta situs resmi Arsenal. "Dia telah dilatih dengan baik oleh Vincent Kompany."

Nama Kompany memang berandil penting dalam keputusan Arteta. Kompany merupakan mantan kapten Manchester City, saat Arteta menjadi asisten Pep Guardiola.

"Saya mengenal Vincent sangat baik dan dia bercerita soal Albert dan dampak positif yang dia berikan kepada Anderlecht dalam beberapa musim terakhir," ujar Arteta.

Berikut fakta yang perlu diketahui dari Albert Sambi Lokonga.

1. Albert Sambi Lokonga memiliki darah Kongo dan lahir di Brussel, Belgia, pada 22 Oktober 2021.

2. Dia adalah adik dari Paul-Jose M'Poku, 29 tahun, yang sudah 14 kali membela timnas Kongo.

3. Albert Sambi Lokonga memiliki kemampuan sebagai benteng di depan lini pertahanan. Bersama Anderlecht dia membuat 115 tekel.

4. Musim lalu dia mencatat persentase umpan sukses mencapai 86 persen. Dari sisi fisik dan cara bermain, Lokonga acap disebut memiliki kemiripan dengan legenda Arsenal Patrick Vieira.

5. Pada 2018, Lokonga sempat dihantam cedera parah. Dia menderita cedera ligamen pada lututnya. Cedera yang membuatnya tidak bermain 206 hari.

Arsenal Bursa transfer Premier League Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.081

Bagikan