5 Calon Kuat Pengganti Xavi Hernandez di Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 28 Januari 2024
5 Calon Kuat Pengganti Xavi Hernandez di Barcelona
Xavi Hernandez (Twitter)

BolaSkor.com - Dalam kurun waktu sehari kabar mengejutkan datang dari sepak bola Eropa. Sehari berselang setelah Jurgen Klopp memutuskan pergi dari Liverpool di akhir musim, Xavi Hernandez melakukan hal yang sama dengan Barcelona.

Beda orang dan beda kasus. Apabila Klopp pergi setelah sembilan tahun melatih Liverpool, mempersembahkan tujuh trofi, serta membawa The Reds bersaing untuk quadruple trofi musim ini, Xavi justru pergi setelah sebentar melatih Barcelona.

Barcelona mengalami dekadensi performa signifikan dari musim lalu. Inkonsistensi itu berlanjut usai dikalahkan Real Madrid di final Piala Super Spanyol, serta Athletic Bilbao di Copa del Rey. Barcelona kalah 3-5 di laga kandang melawan Villarreal di pekan 22 LaLiga.

Baca Juga:

5 Alasan Barcelona Pantang Memecat Xavi

Ikuti Jejak Jurgen Klopp, Xavi Hernandez Tinggalkan Barcelona di Akhir Musim

Hasil Pertandingan: Barcelona Dipermalukan di Laga Kandang, AC Milan dan Juventus Imbang

"Pada 30 Juni saya akan meninggalkan klub. Itu adalah keputusan yang telah saya diskusikan dengan Presiden (Joan Laporta) dan staf. Barca butuh perubahan arah," papar Xavi.

"Saya pikir itu akan membantu dinamika klub untuk berubah dan saya masih berpikir kami bisa menjalani musim yang sangat bagus. Saya harus memikirkan klub sebelum diri saya sendiri."

Xavi melatih Barcelona sejak 2021 dan sudah memberikan satu trofi LaLiga dan Piala Super Spanyol. BolaSkor.com mengumpulkan lima nama kandidat pengganti Xavi di Barcelona, siapa saja?

1. Jurgen Klopp

Tidak ada yang tak mungkin dalam dunia sepak bola. Melatih klub Inggris selain Liverpool sudah ditegaskan Klopp tak mungkin dilakukannya, namun ia belum pensiun. Jadi, opsi melatih Barcelona terbuka lebar.

Barcelona disinyalir tidak akan melewatkan kans untuk memboyong Klopp jika ia bersedia melakukannya, meski alasannya pergi dari Liverpool karena enerjinya sudah habis (lelah).

Klopp memiliki rekor bagus dengan klub-klub yang dilatihnya, semisal Borussia Dortmund dan Liverpool. Ia bisa membesut dalam jangka waktu panjang.

2. Jose Mourinho

Cerita masa lalunya menyulitkan untuk melatih Barcelona, baik itu saat Jose Mourinho melatih Inter Milan atau Real Madrid. Namun, pada masa lalu itu juga ada cerita ketika Mourinho memiliki ikatan dengan Barcelona.

Mourinho pernah jadi penerjemah hingga asisten pelatih Sir Bobby Robson di Barcelona, juga jadi asisten Louis van Gaal. Menutup kariernya sebagai pelatih Barcelona akan menarik, tetapi fans belum tentu menerimanya dengan baik.

3. Thiago Motta

Mantan gelandang Barcelona pada medio 2001-2007 dan sebelumnya membela Barcelona B. Motta juga ideal menggantikan Xavi karena ia punya pengalaman melatih klub seperti Genoa, Spezia, dan kini dengan Bologna.

Motta membawa Bologna berada di 10 besar musim ini dan punya kualitas kepelatihan bagus. Masa lalunya sebagai pemain Barcelona dan Atletico Madrid juga membantunya jika menerima kans melatih Barcelona.

4. Michel

Resep dari munculnya Girona sebagai kuda hitam pertarungan titel LaLiga musim ini tak lepas dari peran Michel. Mantan gelandang Rayo Vallecano membuat Girona bermain ofensif dan terus mengukir dongeng indah.

Pindah dari Girona ke Barcelona seperti halnya 'membuat masalah' karena sama-sama klub Catalunya, tetapi Michel layak melatih klub besar jika melihat kinerjanya sejauh ini.

5. Imanol Alguacil

Pelatih berusia 52 tahun sejauh ini, dalam karier kepelatihannya, baru melatih Real Sociedad dari usia muda, asisten tim b, pelatih kepala, hingga tim senior saat ini. Kendati demikian, Imanol Alguacil mendapatkan respek besar di Spanyol.

Eks bek kanan Villarreal memiliki filosofi sepak bola ofensif dan juga piawai mengombinasikan talenta muda dengan pemain senior. Alguacil layak jadi kandidat pengganti Xavi di Barcelona.

Xavi Xavi Hernandez Barcelona FC Barcelona Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan