5 Calon Kuat Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 26 Januari 2024
5 Calon Kuat Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool
Jurgen Klopp (Twitter)

BolaSkor.com - Tidak ada hujan, tidak ada angin, fans Liverpool tiba-tiba dibuat terkejut dengan pengumuman yang dimuat di laman resmi klub perihal masa depan sang pelatih, Jurgen Klopp. Itu bukan kabar bagus untuk mereka.

Klopp, 56 tahun, memutuskan pergi dari Liverpool di akhir musim 2023-2024 setelah mulai melatih klub dari 2015 pasca menangani Borussia Dortmund (2008-2015).

"Saya dapat memahami bahwa ini merupakan kejutan bagi banyak orang saat ini, ketika Anda mendengarnya untuk pertama kali, namun tentu saja saya dapat menjelaskannya – atau setidaknya mencoba menjelaskannya," ucap Klopp.

"Saya sangat menyukai segala hal tentang klub ini, saya menyukai segala hal tentang kota ini, saya menyukai segala hal tentang suporter kami, saya menyukai tim, saya menyukai staf."

Baca Juga:

Rekam Jejak Cedera Mohamed Salah Selama Memperkuat Liverpool

Kronologi hingga Alasan Jurgen Klopp Pergi dari Liverpool di Akhir Musim

Breaking News: Jurgen Klopp Tinggalkan Liverpool di Akhir Musim 2023-2024

"Saya suka semuanya. Namun keputusan saya tetap mengambil keputusan ini menunjukkan kepada Anda bahwa saya yakin itulah keputusan yang harus saya ambil."

"Itulah saya, bagaimana saya mengatakannya, kehabisan energi. Saya tidak punya masalah sekarang, tentu saja, saya sudah tahu lebih lama bahwa saya harus mengumumkannya suatu saat nanti, tapi saya baik-baik saja sekarang. Saya tahu bahwa saya tidak dapat melakukan pekerjaan itu lagi dan lagi dan lagi."

Klopp sudah memenangi tujuh trofi di Liverpool termasuk Liga Champions dan Piala FA, dengan klimaks memenangi Premier League yang mengakhiri 30 tahun penantian troti liga.

Beberapa nama kandidat pengganti Klopp langsung ramai dibahas media. Menilik dari berbagai sumber, BolaSkor.com merangkum lima nama yang berpeluang besar menggantikan Klopp di Liverpool. Siapa saja?

1. Xabi Alonso

Kandidat utama dan teratas menggantikan Klopp di Liverpool. Terutamanya, Xabi Alonso adalah mantan pemain Liverpool pada medio 2004-2009 dan ia akan disambut hangat fans di Anfield.

Selain itu, Alonso saat ini tengah jadi sorotan besar menyusul performa bagus Bayer Leverkusen di Bundesliga, yang juga bertarung merebutkan trofi liga. Alonso komoditas panas (calon) pelatih top di Eropa dan kini berumur 42 tahun.

2. Roberto De Zerbi

Seperti Alonso, Roberto De Zerbi juga memiliki filosofi sepak bola yang ofensif dan menghibur penonton. Saat ini, pelatih muda Italia berumur 44 tahun membesut Brighton & Hove Albion.

Dengan CV kepelatihan melatih Sassuolo, Shakhtar Donetsk, dan Brighton, De Zerbi layak melatih Liverpool dan sudah saatnya baginya untuk melatih klub besar Eropa.

3. Julian Nagelsmann

Baru ditunjuk menggantikan Hansi Flick sebagai pelatih timnas Jerman, juga diberikan target tinggi di Piala Eropa 2024 kala Jerman jadi tuan rumah. Namun, tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia sepak bola.

Julian Nagelsmann, 36 tahun, sama-sama berasal dari Jerman seperti Klopp dan ia berprofil besar di Jerman sebagai salah satu pelatih top Eropa. Terlebih, Nagelsmann punya pengalaman dua tahun melatih Bayern Munchen.

4. Jose Mourinho

Di masa lalu, Jose Mourinho pernah hampir melatih Liverpool sebelum ke Chelsea. Saat ini, The Special One (masih) menganggur pasca dipecat AS Roma dan Liverpool butuh pelatih baru saat Klopp pergi nanti.

Dengan dua hal tersebut, Mourinho berpeluang melatih Liverpool dan ia jadi pilihan 'aman' dengan pengalaman besar melatih klub seperti Chelsea, Real Madrid, Manchester United, Inter Milan. Namun, menunjuk Mourinho sebagai pelatih bak pisau bermata dua.

5. Steven Gerrard

Dikabarkan sepakat teken kontrak baru dengan Al Ettifaq. Kendati demikian, itu tidak menjamin Steven Gerrard bertahan apalagi jika mantan klubnya menghubunginya dan meminta melatih Liverpool.

Karier kepelatihan legenda dan mantan kapten Liverpool tidak spesial, tetapi pintu Anfield terbuka lebar bagi Gerrard jika peluang melatih Liverpool ada.

Liverpool Jurgen Klopp Trivia Sepak Bola Xabi Alonso Roberto De Zerbi
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.195

Bagikan