5 Bintang Eropa yang Berpatisipasi di Piala Asia 2023

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 11 Januari 2024
5 Bintang Eropa yang Berpatisipasi di Piala Asia 2023
Kim Min-jae dan Son Heung-min (Twitter)

BolaSkor.com - Piala Asia 2023 akan dimulai di Qatar pada 12 Januari 2023. 24 tim terlibat dan timnas Qatar, tuan rumah, merupakan juara bertahan pada 2019 ketika mengalahkan Jepang di final.

Kiprah timnas Indonesia dinanti di Piala Asia 2023. Skuad besutan Shin Tae-yong berada di grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Indonesia akan memainkan laga pertama melawan Irak pada Senin (15/01) pukul 21.30 di Ahmed bin Ali Stadium.

Selain itu, Piala Asia 2023 - seperti edisi sebelumnya - juga diramaikan dengan partisipasi pemain-pemain yang berkarier dengan klub Eropa.

Baca Juga:

Jadwal Lengkap Babak Penyisihan Piala Asia 2023

Kesiapan Timnas Indonesia Masih 70 Persen saat Hadapi Iran, Shin Tae-yong Patok Target

Nostalgia Timnas Indonesia di Piala Asia 2007 - GBK Bergemuruh

Kendati berlangsung di tengah musim, mereka tetap terlibat di Piala Asia 2023 untuk memberikan yang terbaik untuk timnas. Siapa saja bintang Eropa yang akan bermain di Piala Asia 2023?

1. Son Heung-min (Tottenham Hotspur)

Penyerang andalan Tottenham Hotspur khususnya setelah Harry Kane pindah ke Bayern Munchen. Musim ini, Son sudah mencetak 12 gol dan memberikan lima assists dari 21 laga di seluruh kompetisi.

Pada usia 31 tahun pengalaman dan kualitas Son tidak hanya dibutuhkan untuk memimpin lini depan Tottenham, tapi juga timnas Korea Selatan (Korsel). Faktanya, Korsel terakhir juara Piala Asia pada 1960.

2. Wataru Endo (Liverpool)

Kapten bagi timnas Jepang dan bergabung dengan timnas ketika performanya sedang bagus dengan Liverpool. Ya, Wataru Endo belakangan tengah dipercaya Jurgen Klopp bermain dan ia tidak menyiakannya.

Endo, 30 tahun, direkrut Liverpool dari Stuttgart pada musim panas 2023. Ia telah tampil 25 kali di seluruh kompetisi dengan catatan tiga gol dan satu assist.

Pengalaman Endo dalam memberi keseimbangan di lini tengah akan penting bagi Jepang, yang menjadi runner-up pada 2019 dan kembali jadi favorit juara tahun ini.

3. Mehdi Taremi (Porto)

Striker berusia 31 tahun sempat dikaitkan dengan Arsenal tapi pada akhirnya tetap bertahan dengan Porto. Mehdi Taremi penyerang dengan gaya main klasik: target man, menahan bola, dan mengonversi peluang jadi gol.

Penilik 41 gol dari 74 caps dengan timnas Iran menjadi ujung tombak andalan timnas serta Porto. Bersama Sardar Azmoun, Taremi diharapkan bisa membawa Iran arahan Amir Ghalenoei melaju jauh di Piala Asia 2023.

4. Takefusa Kubo (Real Sociedad)

Aksinya akan sangat dinanti di Piala Asia 2023. Dijuluki Lionel Messi dari Jepang, Takefusa Kubo juga tengah tampil bagus bersama Real Sociedad dengan catatan enam gol dan empat assists dari 25 penampilan.

Baru berusia 22 tahun, Kubo masih dapat meningkatkan level permainannya dan ia salah satu pemain andalan Jepang. Kubo memiliki 29 caps dengan catatan tiga gol bersama Jepang.

5. Kim Min-jae (Bayern Munchen)

Apabila Korsel punya Son sebagai ujung tombak di lini depan, maka di belakang pada area bertahan ada bek bertinggi badan 1,90 meter, Kim Min-jae.

Kim, 27 tahun, langsung mengamankan tempat di lini belakang Bayern Munchen pasca diboyong dari Napoli. Ia memiliki catatan 22 penampilan serta satu gol untuk tim arahan Thomas Tuchel.

Musim lalu, Kim membantu Napoli juara Serie A setelah 33 tahun lamanya. Menarik untuk dinanti apakah Kim dapat membantu Korsel mengakhiri penantian panjang trofi Piala Asia.

Trivia Sepak Bola Piala Asia 2023 Son heung-min Wataru Endo Takefusa Kubo
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.179

Bagikan