Timnas Indonesia

5 Alasan Kontrak Shin Tae-yong Wajib Diperpanjang

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 22 April 2024
5 Alasan Kontrak Shin Tae-yong Wajib Diperpanjang
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 menorehkan sejarah setelah lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Pencapaian ini tentu tidak bisa dilepaskan dari peran Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu kembali membuktikan sentuhan emasnya. Shin Tae-yong membawa dua kelompok Timnas Indonesia, yakni Timnas Senior dan Timnas U-23 lolos dari fase grup Piala Asia.

Baca Juga:

Abdullah bin Khalifa Stadium, 'Rumah' bagi Timnas Indonesia

Korsel atau Jepang Calon Lawan Timnas Indonesia U-23 di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Lolos Perempat Final Piala Asia U-23, Timnas Indonesia U-23 Dapat Selamat dari Presiden Jokowi

Timnas Senior dibawa Shin Tae-yong untuk pertama kalinya berlaga di 16 besar. Prestasi serupa ditorehkan Shin Tae-yong yang mengantarkan Timnas Indonesia U-23 ke babak knock out atau perempat final.

Berkat pencapaian ini PSSI harus segera memperbarui kontrak Shin Tae-yong yang akan habis pada Juni 2024. BolaSkor.com merangkum lima alasan mengapa kontrak Shin Tae-yong wajib diperpanjang.

Berikut lima alasan kontrak Shin Tae-yong Wajib Diperpanjang:

Mencapai Target

Shin Tae-yong berhasil memenuhi target PSSI pada dua ajang Piala Asia. Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia Senior lolos ke 16 besar atau babak knock out Piala Asia 2023 dan Timnas Indonesia U-23 ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Ini sesuai dengan target yang diberikan oleh PSSI kepada Shin Tae-yong. Bahkan, di Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong masih punya peluang melebihi target dengan melangkah sampai final dan merebut tiket tampil di Olimpiade Paris 2024.

Permainan Timnas Indonesia Meningkat

Shin Tae-yong berhasil membuat permainan Timnas Indonesia U-23 meningkat di setiap laga Piala Asia U-23 2024. Setelah kalah dari Qatar di laga pertama, Garuda Muda berhasil bangkit pada pertandingan melawan Australia (menang 1-0) dan Yordania (menang 4-1).

Selebrasi Witan Sulaeman setelah membobol gawang Yordania U-23. (PSSI)

Peningkatan itu tidak hanya terlihat dari hasil, tetapi juga statistik. Saat menghadapi Qatar, Indonesia hanya melepas dua shot on target, sedangkan di laga terakhir melawan Yordania, mampu melepaskan 20 tembakan dengan delapan di antaranya on target. Indonesia juga unggul 53 persen penguasaan bola di laga tersebut.

Timnas Indonesia Berpeluang Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Shin Tae-yong juga mampu membuat Timnas Indonesia tampil baik di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan menang dua kali atas Vietnam, yakni di kandang dan di laga tandang. Indonesia bahkan berpeluang lolos ke putaran ketiga.

Satu kaki Tim Merah-Putih sudah berada di babak tersebut. Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan dari dua laga tersisa di Grup F melawan Irak (6/6) dan Filipina (11/6).

Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik

Shin Tae-yong juga mampu terus mengerek posisi Indonesia di ranking FIFA. Saat ini Indonesia berada di urutan 134.

Lonjakan ini didapat berkat dua kemenangan atas Vietnam pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Posisi Indonesia bisa kembali melonjak jika meraih kemenangan atas Irak (6/6) dan Filipina (11/6).

Menanamkan Mental Pemenang ke Skuad Timnas Indonesia

Harus diakui bahwa Shin Tae-yong tidak hanya piawai dalam meramu skill para pemain Timnas Indonesia, tetapi juga mampu menanamkan mental pemenang ke skuadnya. Sejak diasuh Shin Tae-yong, Timnas Indonesia, baik di kelompok senior maupun kelompok umur kerap memberikan perlawanan ketat kepada tim yang jauh lebih kuat, bahkan tidak jarang meraih kemenangan.

Contoh terbaru saat mengalahkan Australia U-23 dan Yordania U-23 di Babak Grup A Piala Asia U-23 2024. Kemenangan berhasil didapatkan setelah sebelumnya Indonesia menelan kekalahan menyakitkan dari tuan rumah Qatar U-23 pada laga pembuka.

Timnas indonesia u-23 Timnas Indonesia Pssi Erick thohir Shin Tae-yong
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.348

Bagikan