4 Peristiwa Unik yang Terjadi di MotoGP India

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 25 September 2023
4 Peristiwa Unik yang Terjadi di MotoGP India

BolaSkor.com – MotoGP India meninggalkan beberapa kejadian yang sulit untuk dilupakan. Beberapa bahkan sempat menjadi headline di beberapa media.

Sebut saja saat munculnya kekacauan akibat permasalahan visa. Tercatat beberapa tim dan pembalap harus menunda keberangkatannya karena belum mendapatkan visa.

Salah satu nama besar yang mengalami permasalahan ini adalah Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda terpaksa menjadwal ulang keberangkatannya. Alhasil Marquez tidak memiliki cukup waktu untuk beradaptasi dengan sirkuit baru.

Namun permasalahan visa hanyalah salah kejadian unik yang terjadi selama berlangsungnya pekan MotoGP India. Masih ada beberapa kisah lainnya yang sempat mewarnai seri ini. Berikut empat kejadian unik dan mengejutkan yang berhasil dirangkum BolaSkor.com.


1. Logistik Dibawa Truk Bak Terbuka

Permasalahan visa tidak hanya menjadi satu-satunya polemik yang terjadi selama berlangsungnya pekan MotoGP India. Ternyata masalah juga sempat mewarnai pengiriman logistik.

Hal ini terlihat saat pihak penyelenggara mengirimkan logistik MotoGP menggunakan truk bak terbuka. Perlengkapan dan komponen motor berharga ratusan juta itu hanya dillindungi dengan plastik dan diikat seadanya.


2. Warga Lokal Menempati Paddock

Kekacauan juga sempat terjadi di wilayah sedkitar Sirkuit Internasional Buddh. Dikabarkan banyak warga lokal yang memanfaatkan area Paddock untuk bermalam. Padahal area sekitar sirkuit diharuskan steril.

Atas insiden ini, Dorna lantas memberikan pengumuman kepada seluruh tim untuk tetap waspada. Mereka dihimbau selalu berhati-hati jika ingin memasuki ruangan di sekitar sirkuit.


3. Pajak Pembalap Bernilai Fantastis

Kali ini permasalahan turut menyeret para pembalap yang tampil di MotoGP India. Para pemacu adrenalin ini dihadapkan dengan polemik pajak penghasilan yang sangat besar.

Perlu diketahui, dalam seri kali ini, pihak otoritas India membebankan pajak sebesar 20,80 persen kepada para pembalap. Persentase ini diambil dari jumlah gaji yang mereka terima. Artinya semakin besar nilai kontrak seorang pembalap, maka makin besar pula jumlah pajak yang harus disetorkan.

Berdasarkan informasi dari speedweek.com, banyak pembalap menolak aturan ini. Untuk mengatasi polemik ini, dikabarkan seluruh tim pabrikan terpaksa turun di tangan untuk menanggung beban pajak tersebut.


4. Bezzecchi Cetak Sejarah Baru

Tidak hanya polemik saja yang mewarnai pekan MotoGP India. Ada pula peristiwa positif yang terjadi pada seri ini. Salah satunya dialami oleh pembalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi.

Pasalnya pembalap asal Italia ini tidak hanya berhasil keluar sebagai pemenang dalam balapan kali ini. Murid Valentino Rossi itu juga mampu mencetak sejarah baru dalam dunia MotoGP karena menjadi pembalap pertama yang berhasil memenangkan balapan utama di MotoGP India.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Trivia MotoGP Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan