4 Pekerjaan Rumah yang Menanti Omar Berrada di Manchester United

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 22 Januari 2024
4 Pekerjaan Rumah yang Menanti Omar Berrada di Manchester United
Omar Berrada (twitter)

BolaSkor.com - Manchester United resmi mengumumkan Omar Berrada sebagai CEO Manchester United baru mereka. Kedatangan Berrada ke Old Trafford menjadi titik dimulainya revolusi Sir Jim Ratcliffe bersama perusahaannya, INEOS, di United.

"Klub bertekad untuk menjadikan sepak bola dan performa di lapangan sebagai inti dari semua yang kami lakukan. Penunjukan Omar merupakan langkah pertama dalam perjalanan ini," demikian pernyataan Man Utd di laman resmi mereka.

Ratcliffe membeli 25 persen saham klub dari keluarga Glazers seharga 1,3 miliar poundsterling. Sesuai kesepakatan, Ratcliffe akan mengambil alih operasional klub.

Baca Juga:

Omar Berrada, Mahasiswa Drop Out yang Menjadi CEO Baru Manchester United

Jadon Sancho dan Tabiat Manchester United Meminjamkan Pemain Bermasalah

7 Transfer Musim Dingin Terburuk Sepanjang Masa

Masuknya Berrada ke United terbilang mengejutkan. Pasalnya Berrada merupakan salah satu sosok di balik kesuksesan Manchester City. Berrada sebelumnya menjabat sebagai Chief Football Operations Officer untuk City Football Group yang mengawasi 11 klub di lima benua.

Di Manchester United, dikutip dari Mirror, paling tidak ada empat pekerjaan yang sudah menanti Berrada.

Melepas Pemain

Tugas terdekat Berrada saat ini adalah melepas beberapa pemain yang dinilai tidak memiliki potensi di tim asuhan Erik ten Hag.

Setan Merah beberapa waktu lalu sudah meminjamkan Jadon Sancho ke klub Borussia Dortmund dan Donny van de Beek ke Eintracht Frankfurt.

Sedangkan Anthony Martial dan Raphael Varane ada di pengujung masa kontrak mereka. Situasi ini menjadi kesempatan bagi United untuk melepas keduanya, meski secara gratis.

Nama-nama lain sempat disebut akan masuk daftar lepas. Sebut saja Casemiro, Mason Greenwood. Sementara para suporter juga menganggap perlunya melepas sejumlah pemain, seperti Victor Lindelof, Harry Maguire, Antony, Mason Mount, Andre Onana, dan Facundo Pellistri.


Renegosiasi Kontrak Erik ten Hag

Jika melihat kondisi United saat ini, tidak sedikit yang menilai itu terkait dari sepak terjang mereka di bursa transfer.

Langkah-langkah Ten Hag dalam perekrutan pemain dinilai minus. Pemain-pemain yang secara pribadi diinginkannya dinilai mengecewakan.

Antony bisa dikatakan tidak memberikan kontribusi kepada MU. Padahal United harus mengeluarkan dana sangat besar. Pun dengan keputusan melepas David De Gea dan mendatangkan Andre Onana dengan harga mahal.

Jika Ten Hag ingin tetap menjadi manajer, kontraknya perlu diubah. Saat ini juru taktik Belanda itu mempunyai klausul hak untuk memveto transfer apa pun. Klausul ini yang meski dihilangkan dalam kontrak baru.


Mendatangkan Pemain yang Tepat

Melihat ke belakang, Berrada punya peran besar dalam membangun skuad Manchester City. Dia menjadi pihak yang berjasa membujuk Erling Haaland datang ke City. Saat itu Haaland menolak kesempatan untuk bergabung dengan Real Madrid atau Barcelona untuk bergabung dengan Man City.

Keahlian Berrada di bursa transfer akan sangat berharga bagi United. Berrada telah menjalankan peran penting dalam urusan transfer City sejak dipromosikan menjadi Chief Football Operations Officer pada 2016. Di sini Berrada bekerja sama dengan direktur sepak bola City Txiki Begiristain.


Investasi Infrastruktur

Bukan rahasia lagi, saat ini kondisi Stadion Old Trafford sedang tidak baik-baik. Para suporter United menginginkan klub mengembalikan Old Trafford menjadi salah satu stadion terbaik di Inggris.

Selain itu, United juga diharapkan pindah dari tempat latihan lama mereka ke fasilitas yang lebih maju.

Berrada harus memastikan Manchester United kembali memiliki salah satu stadion dan tempat latihan terbaik di Inggris, jika ingin kembali menjadi kekuatan besar sepak bola Eropa.

Manchester United Omar Berrada Sir Jim Ratcliffe Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.163

Bagikan