4 Alasan Shin Tae-yong Wajib Stay di Timnas Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 01 Februari 2024
4 Alasan Shin Tae-yong Wajib Stay di Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan instruksi saat Timnas Indonesia melawan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12) sore WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi

BolaSkor.com - Kontrak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan berakhir pada Juni 2024. Namun, sampai hari ini, Selasa (1/2), belum ada tanda-tanda PSSI akan memperpanjang kontrak pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Di tengah situasi seperti itu, Shin Tae-yong mengaku mendapatkan tawaran untuk melatih tim nasional dari negara lain. Informasi itu ia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan salah satu media Korea Selatan.

Munculnya rumor itu di tengah ketidakjelasan perpanjangan kontrak Shin Tae-yong membuat publik bereaksi. Di media sosial ramai mendesak Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk segera memperpanjang kontrak Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Exco PSSI Sepakat Masa Depan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Diserahkan ke Erick Thohir

Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Bisa Otomatis Diperpanjang sampai 2027

Erick Thohir pun buka suara mengenai hal ini. Erick menjelaskan bahwa PSSI sudah menyiapkan kontrak berdurasi tiga tahun (sampai 2027) untuk Shin Tae-yong.

Namun, sebelum menyodorkan kontrak itu, Shin Tae-yong harus memenuhi dua target yang diberikan PSSI, yakni Timnas Indonesia Senior lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 dan Timnas Indonesia U-23 melaju ke perempat final (8 besar) Piala Asia U-23 2024.

Target pertama sudah berhasil dipenuhi. Kini, tinggal satu target lagi yang mesti direalisasikan oleh Shin Tae-yong, yakni meloloskan Timnas Indonesia U-23 ke 8 besar Piala Asia U-23 2024 di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei mendatang.

BolaSkor coba merangkum alasan kenapa Shin Tae-yong harus dipertahankan PSSI. Berikut ulasannya:

1. Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik

Starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi Jepang di laga terakhir Grup D, Rabu (24/1). (PSSI)

Shin Tae-yong secara perlahan mampu memperbaiki peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA. Pada Februari 2020, di awal kedatangannya, Indonesia menempati peringkat 173.

Kini, setelah empat tahun berlalu, Indonesia berhasil menembus posisi 150 besar, tepatnya ranking 146 (per Desember 2023). Bahkan, berkat kemenangan atas Vietnam di babak grup Piala Asia 2023, Indonesia diprediksi naik tiga sampai empat peringkat ke posisi 142 atau 143 pada bulan Februari ini.

Bahkan, pada bulan Maret nanti, ranking Timnas Indonesia berpotensi menembus 140 besar. Syaratnya, Skuad Garuda meraih hasil maksimal dalam dua laga kontra Vietnam pada lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

2. Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

Selebrasi Asnawi Mangkualam Bahar setelah membobol gawang Vietnam. (PSSI)

Shin Tae-yong juga berhasil menorehkan tinta emas bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Shin Tae-yong membawa Indonesia untuk kali pertama lolos ke babak knock out atau fase gugur (16 besar) sebagai satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Timnas Indonesia lolos ke 16 besar berkat kemenangan atas 1-0 Vietnam. Skuad Garuda menempati peringkat tiga dengan 3 poin, di bawah Irak (9) dan Jepang (6).

Adapun di empat edisi Piala Asia sebelumnya yang diikuti Timnas Indonesia, yakni pada tahun 1996, 2000, 2004, dan 2007 (sebagai salah satu tuan rumah), Tim Garuda selalu tersisih di fase grup. Bahkan, di tahun 2000, Indonesia gagal meraih satu pun kemenangan di babak grup.

3. Percaya Pemain Muda

Pemain Jepang, Ayase Ueda, berusaha melindungi bola dari Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan. (PSSI)

Timnas Indonesia berstatus sebagai tim termuda di Piala Asia 2023. Rata-rata umur penggawa Skuad Garuda adalah Rata-rata usia pemain di skuad Indonesia adalah 24,33 tahun.

Dari 26 pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, 12 di antaranya berusia di bawah 23 tahun. Bahkan, tiga pemain umurnya di bawah 20 tahun, yakni Marselino Ferdinan, Hokky Caraka, dan Ivar Jenner.

Kemudian ada sembilan pemain yang berusia 21 sampai 23 tahun, antara lain Elkan Baggott (21 tahun), Rizky Ridho (22), Witan Sulaeman (22), Egy Maulana Vikri (23), Rafael Struick (20), Pratama Arhan (22), Ramadhan Sananta (21), Ernando Ari Sutaryadi (21) dan Justin Hubner (20). Dengan mengandalkan para 'Young Guns' ini, Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

4. Pemain Timnas Indonesia Naik Level

Egy Maulana Vikri saat latihan penguatan otot. (PSSI)

Poin terakhir kenapa Shin Tae-yong wajib dipertahankan adalah keberhasilannya menaikkan level pemain Timnas Indonesia. Sebelum kedatangan Shin Tae-yong, Skuad Garuda sering mendapat stempel negatif dari pencinta sepak bola atau publik.

Stempel negatif yang dimaksud adalah hanya sanggup bermain 60 sampai 65 menit. Setelah itu, stamina pemain Timnas indonesia kerap mengendur.

Di bawah Shin Tae-yong, Timnas Indonesia bisa tampil maksimal sepanjang pertandingan. Persoalan fisik dan massa otot pemain memang kerap jadi perhatian Shin Tae-yong selama ini.

Trivia Sepak Bola Timnas Indonesia Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.382

Bagikan