3 Alasan Mengapa Emery Harus Memainkan Leno ketimbang Cech

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 22 Agustus 2018
3 Alasan Mengapa Emery Harus Memainkan Leno ketimbang Cech
Bernd Leno (Zimbio)

BolaSkor.com – Dua pekan Premier League 2018-19 telah berlalu. Dari keempat tim yang menelan dua kekalahan beruntun, eksistensi Arsenal di dalamnya cukup mengejutkan karena status mereka sebagai klub dengan sejarah besar di sepak bola Inggris.

Arsenal kalah dua kali beruntun dari Manchester City (0-2) dan Chelsea (2-3). Hasil-hasil itu sedianya cukup dimaklumi. Arsenal memang tidak diuntungkan jadwal karena langsung menghadapi dua tim besar, satu juara bertahan dan satu lagi juara Premier League 2016-17. Akan tapi, kekalahan tetaplah kekalahan.

Kendati Arsenal baru memulai era tanpa Arsene Wenger yang sudah melatih 22 tahun, kini di bawah arahan Unai Emery, kekalahan Arsenal tetap menarik untuk dibahas. Dimulai dari sekedar analisis soal perubahan gaya bermain Arsenal yang kini lebih mengandalkan high pressing dalam bertahan, hingga pola serangan yang dibangun dari belakang, posisi kiper pun turut dipertanyakan.

Publik bertanya-tanya, buat apa membeli Bernd Leno sebesar 22,5 juta poundsterling dari Bayer Leverkusen, jika dia hanya dicadangkan. Apalagi, beberapa waktu lalu Emery membuat pernyataan tegas soal kiper utama yang dipilihnya.

“Keputusannya buat saya mudah: Petr Cech dapat terus bermain sebagai starter; saya percaya kepadanya. (Namun) Jika Bernd jadi starter, saya juga memercayainya,” ucap Emery.

Memiliki dua kiper top dalam satu tim memang kerapkali memusingkan manajer atau pelatih. Ada yang coba menjadikan rotasi kiper di beberapa ajang tertentu sebagai solusi, ada juga yang sudah memutuskan siapa kiper nomor satu tim. Dalam hal ini, Emery masih memercayai Cech.

Namun, dari dua laga pertama Cech melawan Man City dan Chelsea – terlepas dari status lawan sebagai tim kuat, Cech hanya tampil meyakinkan di satu aspek: penyelamatan. Melawan West Ham United akhir pekan ini, Emery seharusnya coba menjadikan Leno sebagai starter. Mengapa demikian?

Trivia Sepak Bola Breaking News Arsenal Unai Emery Bernd leno Petr Cech
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.374

Bagikan