11 Fakta Menarik Argentina dan Polandia ke Babak 16 Besar

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 01 Desember 2022
11 Fakta Menarik Argentina dan Polandia ke Babak 16 Besar
Lionel Messi gagal mengeksekusi penalti. (Twitter FIFA)

BolaSkor.com - Argentina dan Polandia berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Kepastian ini didapat usai kedua tim melakoni laga terakhir Grup C.

Argentina berhasil mengalahkan Polandia 2-0 di Stadium 974, Kamis (1/12) dini hari WIB. Dua gol kemenangan La Albiceleste dicetak Mac Allister (46') dan Julian Alvarez (67').

Hasil ini menempatkan Argentina memuncaki klasemen Grup C dengan 6 poin dari 3 laga. Unggul dua poin dari Polandia di posisi kedua.

Baca Juga:

Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: Argentina Jumpa Australia, Prancis Ladeni Polandia

Hasil dan Klasemen Akhir Grup C Piala Dunia 2022: Argentina Juara Grup, Polandia Dinaungi Keberuntungan

6 Fakta Menarik Prancis dan Australia Melaju ke Babak 16 Besar

Polandia
Wojciech Szczesny menepis tendangan penalti Lionel Messi. (Twitter FIFA)

Meski kalah, Polandia tetap lolos karena unggul selisih gol dari Meksiko, yang di pertandingan lainnya mengalahkan Arab Saudi 2-1.

Dengan begitu, Argentina akan bertemu runner-up Grup D Australia. Sedangkan Polandia ditantang juara bertahan sekaligus pemuncak klasemen Grup D, Prancis.

Keberhasilan Argentina dan Polandia melahirkan sejumlah fakta menarik. Apa saja itu? Berikut ulasannya yang disusun BolaSkor.com dari berbagai sumber:

1. Argentina selalu melaju mulus ke babak 16 besar, sejak terakhir kali gagal pada edisi 2002.

2. Argentina menjadi tim kedua setelah Prancis yang berhak meraih status juuara grup, namun pernah mengalami kekalahan. 2 kemenangan dan satu kekalahan.

3. Polandia untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar setelah gagal di edisi 2018.

4. Liones Messi (35 tahun 159 hari) jadi pemain tertua sejak 1966 yang menciptakan 5+ peluang dan membuat 5+ dribel dalam pertandingan Piala Dunia. Ia mengalahkan seniornya, Diego Maradona saat melawan Nigeria pada 1994.

5. Lionel Messi jadi pemain dengan caps terbanyak membela Argentina yang berlaga di Piala Dunia (22 penampilan). Messi di urutan keempat setelah Lothar Matthäus (25 caps), Miroslav Klose (24 caps), dan Paolo Maldini (23 caps). Messi berpotensi mengalahkan semuanya karena Argentina masih melaju mulus.

6. Lionel Messi jadi pemain kedua sejak 1966 yang gagal mengeksekusi dua penalti (bukan saat adu penalti) dalam dua edisi Piala Dunia. Sebelumnya, Asamoah Gyan (Ghana) gagal mencetak dua gol penalti dalam empat kesempatan.

7. Wojciech Szczesny menjadi kiper kedua dalam sejarah (sejak 1966) yang menyelamatkan penalti di Piala Dunia sebelum kebobolan. Ia melakukannya setelah Joel Bats untuk Prancis melawan Brasil pada 1986.

8. Wojciech Szczesny telah menciptakan 9 saves.

9. Ada tiga penalti yang gagal di Grup C. Paling banyak dari grup lain. Ketiga pemain yang gagal penalti adalah Robert Lewandowski, Salem Al Dawsari, dan Lionel Messi.

10. Enzo Fernández (21 tahu 317 hari) jadi pemain termuda kedua Argentina yang menjadi starter di Piala Dunia setelah?Lionel Messi melawan Belanda di edisi 2006 (18 tahun 362 hari).

11. Julian Alvarez mencetak gol dalam debutnya sebagai starter di Copa Libertadores, Premier League, Liga Champions, Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL, dan Piala Dunia melawan Polandia.

Argentina Timnas Argentina Polandia Timnas Polandia Piala dunia 2022 Breaking News Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.159

Bagikan