10 Pembelian Pemain Terbaik Liverpool Era Jurgen Klopp

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 29 Januari 2024
10 Pembelian Pemain Terbaik Liverpool Era Jurgen Klopp
Jurgen Klopp (twitter)

BolaSkor.com - Sejak dipegang Jurgen Klopp, Liverpool identik dengan kesuksesan di bursa transfer pemain. Pelatih asal Jerman yang akan mundur akhir musim nanti itu dinilai bisa mengidentifikasi talenta terbaik agar sesuai dengan gaya bermainnya yang penuh aksi dan tuntutan.

Setelah mewarisi skuad yang menampilkan pemain-pemain seperti Philippe Coutinho, Roberto Firmino, dan Jordan Henderson, Klopp secara konsisten menambah skuadnya dengan rekrutmen cerdas yang pada akhirnya memainkan peran utama dalam kesuksesan menjuarai Liga Champions 2019 dan Premier League 2020.

Baca Juga:

5 Calon Kuat Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool

Kronologi hingga Alasan Jurgen Klopp Pergi dari Liverpool di Akhir Musim

Breaking News: Jurgen Klopp Tinggalkan Liverpool di Akhir Musim 2023-2024

Tentu langkah Liverpool di bursa pemain tidak lepas dari kiprah manajemen yang dipunggawai Michael Edwards. Dia mendapat banyak pujian atas kesuksesan bisnis transfer Liverpool.

Berikut sepuluh pemain terbaik yang didatangkan Klopp di Liverpool.


1. Mohamed Salah

Bicara sukses di era Jurgen Klopp, tentu tidak akan lepas dari nama Mohamed Salah. Menariknya, Mohamed Salah bukanlah target transfer yang diinginkan Jurgen Klopp di bursa transfer, karena pemain seperti Christian Pulisic, Julian Draxler, dan Julian Brandt semuanya menjadi favorit.

Namun melalui analisis, Liverpool akhirnya memilih Salah. Pilihan brilian, pemain Mesir ini telah menjadi pemain terhebat sepanjang masa di Anfield, tidak pernah mencetak kurang dari 23 gol dalam satu musim penuh dan membawa The Reds meraih berbagai gelar.


2. Virgil van Dijk

Virgil van Dijk adalah rekrutan termahal Klopp di Liverpool hingga kedatangan Darwin Nunez pada 2022. Pemain asal Belanda itu didatangkan berharga 75 juta poundsterling dari Southampton, menjadikannya bek termahal sebelum dilampaui oleh Harry Maguire dan Josko Gvardiol.

Van Dijk segera mengambil hati publik The Reds dengan kemenangan di Piala FA pada debutnya melawan rival, Everton, dan telah menjadi bek tengah yang paling menonjol di Premier League belakangan ini.

Kedatangannya membenahi pertahanan Liverpool yang sebelumnya bocor dan dia mampu mengeluarkan kemampuan terbaik rekan satu timnya, hingga diangkat menjadi kapten.


3. Alisson Becker

Tiba pada 2018 dari Roma, Alisson Becker adalah bagian terakhir dari teka-teki Liverpool asuhan Klopp.

Blunder Loris Karius di final Liga Champions menegaskan betapa Liverpool membutuhkan kiper tangguh. Kemudian masuk Alisson dan sekarang dianggap sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di dunia.

Selain tampil mengesankan dengan kemampuan menghentikan tembakan, satu lawan satu, dan distribusi bolanya, Alisson juga menjadi penjaga gawang pertama yang mencetak gol dalam sejarah Liverpool.


4. Andy Robertson

Direkrut dengan harga 10 juta pound dari Hull City, kepindahan Andy Robertson ke Anfield akan dianggap sebagai salah satu bisnis abad ini.

Bek kiri asal Skotlandia ini dengan cepat berkembang menjadi bintang yang serbabisa untuk Liverpool, menekan jauh di depan lapangan dan memberikan puluhan assist untuk rekan setimnya yang menyerang.

Dia terus bersaing dengan Trent Alexander-Arnold untuk menjadi pencetak assist terbanyak sepanjang masa di Premier League dari lini pertahanan, namun duelnya di lini belakanglah yang membuat Robertson sukses.


5. Sadio Mane

Liverpool menjadikan Sadio Mane sebagai pemain Afrika termahal sepanjang masa ketika mereka merekrutnya dari Southampton seharga 34 juta pound pada 2016.

Pemain Senegal ini mencetak gol pada debutnya bersama The Reds dalam kemenangan 4-3 di Arsenal dan menjadi bagian dari salah satu trio penyerang paling mematikan dalam sejarah Premier League bersama Salah dan Firmino.


6. Fabinho

Klopp membutuhkan sedikit waktu untuk sepenuhnya mengintegrasikan Fabinho ke dalam starting XI-nya di Anfield. Namun kemudian pemain asal Brasil itu menjadi pilar penting di lini tengah The Reds.

Fabinho menambah keseimbangan di lini tengah The Reds sementara Wijnaldum, Jordan Henderson, dan James Milner melesat lebih jauh ke depan.

Fabinho juga bisa saja mencetak gol krusial, namun kekuatan pertahanannya yang membuatnya sukses di Liverpool.


7. Georginio Wijnaldum

Man-management menjadi kekuatan Klopp. Mungkin mencadangkan Georginio Wijnaldum di leg kedua semifinal Liga Champions adalah kemenangan psikologis terbesarnya.

Wijlnaldum terkenal dengan mencetak dua gol dalam comeback bersejarah Liverpool melawan Barcelona, tetapi ia juga merupakan roda penggerak utama dalam mesin pressing Liverpool. Dia memaksa lawan melakukan kesalahan dan bekerja tanpa lelah.


8. Joel Matip

Joel Matip sudah lama dikenal Klopp karena pernah bermain di Bundesliga dan transfer bebas yang membawa sang bek ke Liverpool adalah salah satu transfer paling cerdas.

Pemain Kamerun itu membentuk duet bek tengah yang dominan dengan Van Dijk ketika fit.

Asisnya untuk Divock Origi juga memastikan kemenangan The Reds di final Liga Champions 2019 atas Tottenham.


9. Ibrahima Konate

Masih ada waktu bagi Ibrahima Konate untuk berkembang, namun tidak ada keraguan bahwa pemain Prancis itu mulai tampil nyata di musim ketiganya bersama Liverpool.

Kecepatan dan pemilihan posisinya telah menjadikan Konate sebagai pelapis yang sangat baik bagi Virgil van Dijk dalam beberapa tahun terakhir.

Didatangkan seharga 36 juta pound dari RB Leipzig, Konate masih bisa berkembang lebih baik di usianya yang 24 tahun.


10. Diogo Jota

Setelah musim 2022/23 yang dilanda cedera, Diogo Jota kembali terlihat konsisten.

Pemain Portugal itu dengan mudah menyesuaikan gaya energi tinggi Klopp sejak tiba dari Wolves pada 2020.

Sebagai pemain Premier League yang sudah terbukti, Jota bisa saja absen dari waktu ke waktu karena cedera, namun ia telah mencetak beberapa gol penting selama berada di Merseyside.

Jurgen Klopp Liverpool Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.035

Bagikan