10 Pemain Top yang Berpatisipasi di Piala Afrika 2023

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 16 Januari 2024
10 Pemain Top yang Berpatisipasi di Piala Afrika 2023
Seremoni pembukaan Piala Afrika 2023 (Twitter)

BolaSkor.com – Piala Afrika 2023 telah dimulai dan Pantai Gading menjadi tuan rumah. Kejutan sudah terjadi pada laga pertama grup, semisal Ghana yang secara mengejutkan takluk dari salah satu tim terkecil di turnamen, Cape Verde (1-2).

Kejutan itu mengartikan persaingan yang sulit diprediksi di Piala Afrika 2023, meski nama-nama negara seperti Senegal, Kamerun, Pantai Gading, Ghana, Maroko, Mesir jadi favorit juara turnamen (Kamerun juara bertahan).

Baca Juga:

Jadwal Lengkap Babak Penyisihan Piala Asia 2023

Kesiapan Timnas Indonesia Masih 70 Persen saat Hadapi Iran, Shin Tae-yong Patok Target

Nostalgia Timnas Indonesia di Piala Asia 2007 - GBK Bergemuruh

Selain itu, Piala Afrika 2023 juga menghadirkan pemain-pemain yang berkarier di lima liga top Eropa. Kiprah mereka cukup dinantikan. Berikut BolaSkor.com menjabarkan pemain-pemain tersebut:

1. Sadio Mane (Tim Nasional Senegal)

Pemain sepak bola profesional asal Senegal ini dikenal sebagai salah satu pemain bola yang memiliki sifat rendah hati dan dermawan.
Bahkan Mane pernah berhasil menjuarai Liga Champions pada tahun 2019 sekaligus menjadi pemain Senegal pertama yang mendapatkan kejuaraan tertinggi di Eropa.

Pria berusia 31 tahun ini akan menjadi sorotan karena sebagai kapten tim dalam mempertahankan gelar juara tahun. Meski memutuskan untuk meninggalkan Eropa, Mane tidak kehilangan kemampuannya dalam bermain.

2. Vincent Aboubakar (Tim Nasional Kamerun)

Seorang pemain sepak bola profesional asal Kamerun ini dikenal sebagai penyerang untuk klub Besiktas, sekaligus kapten Kamerun dan pencentak gol paling terpecaya.

Siapa yang menduga, kalau Aboubakar ternyata memiliki kekuatan mental dan kepemimpinannya yang begitu berwibawa. Bahkan menjadi salah satu kunci dalam membimbing rekan-rekannya untuk meraih kemenangan.

Selain itu, pria berusia 31 tahun ini pernah mendapatkan penghargaan Sepatu Emas Piala Negara-Negara Afrika dan menjadi tim piala negara Afrika terbaik pada tahun 2021.

3. Serhou Guirassy (Tim Nasional Guinea)

Pria asal Guinea yang tidak memiliki niat untuk pindah dari Stuttgart ke Manchester United ini merupakan striker dan mesin gol terbaik di Eropa.

Tidak perlu meragukan kemampuannya lagi dalam menyerang, karena Guirassy pernah mencetak 10 gol dalam lima laga dan naik pangkat di Stade Lavallois. Pria berusia 27 tahun ini dapat menyaingi para penyerang papan atas Bundesliga.

4. Sebastien Haller (Tim Nasional Pantai Gading)

Pria berusia 29 tahun ini, merupakan pemain yang saat ini membela klub Bundesliga, Borussia Dortmund. Haller menjadi salah satu pemain pertama yang bisa mencetak sembilan gol dalam lima laga perdana di Liga Champions.

Tidak hanya itu, Haller telah mencapai keseriusannya untuk memberikan dampak begitu besar di pesta sepak bola terbesar di Afrika di hadapan para penggemarnya.

5. Mohamed Amoura (Tim Nasional Aljazair)

Pemain asal Aljazair ini dikenal sebagai pemain sayap untuk Union SG. Amoura juga menjadi sosok pahlawan kemenangan Union Saint-Gilloise dan sorotan utama pada Piala Afrika 2023.

Pria berusia 23 ini tampil dengan gesit bersama klubnya dan bahkan memiliki kesempatan untuk memimpin tim nasional ke kompetisi besar.

Amoura juga terpilih menjadi pemain terbaik dari kemenangan 2-1 di Union Saint-Gilloise atas Liverpool pada laga Grup E Liga Eropa musim 2023-2024.

Trivia Sepak Bola Sadio Mane Mohamed salah Serhou Guirassy
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.180

Bagikan